Penipuan Via SMS

Masih ingat kisah kehilangan saya pada bulan Agustus tahun lalu?! (emang kamu artis nur?! Sampai orang-orang perlu mengingat kisahmu?!) Aah…baiklah, karena saya yakin tidak ada yang ingat, saya kisahkan lagi sedikit…

Waktu itu saya mendapat SMS yang menyatakan bahwa saya mendapat sebuah SMS suara. Untuk mengeceknya, saya diminta mengetik sejumlah kode dan mengirimnya ke nomor tertentu (nomor layanan indosat). Saya sebenarnya sempat curiga, karena sendernya adalah nomor IM3, bukan indosat. Tapi entah kenapa, saya menurut saja. Dan jadilah saya tertipu, tanpa sadar telah mentransfer sejumlah pulsa ke nomor tersebut. Selengkapnya kebodohan saya termuat di sini.
Tak disangka, sabtu lalu, kejadian itu kembali berulang!

Kali ini dengan dalih pesan suara, sebuah nomor tak dikenal mengirimkan SMS berikut pada saya:

Anda mempunyai PESAN SUARA 1 dr +6285756708410 untuk m’dengarkn ketik: TP (spasi) +6285756708410(spasi) 11123 kirim ke: 151 (GRATIS.)

Sender: (no name) +6285656237331
Received: 08:31:37 20-06-2009

Hahaha, pasti ini trik lain untuk mengelabui pelanggan IM3! Karena sudah pernah tertipu (sedihnaa), awalnya saya cuek saja dengan pesan ini. Tapi… kok jadi penasaran ya..(usilnya kumat!). Saya belum pernah mencoba transfer pulsa pakai cara ini. Maka saya pun mencoba menuruti kemauan si pengirim pesan. Mengingat kejadian yang pertama, saya menduga bahwa angka 11123 adalah nominal pulsa yang dimaksud. Akhirnya saya memutuskan untuk mengganti nominal itu dengan angka 1. SMS dikirim… SMS diterima. Dan berikut adalah balasan dari 151:

Anda telah mentransfer pulsa ke 6285756708410 sebesar Rp.1 pada 20-06-2009 pukul 13.51 (Trans.ID=2009062026571248). Dgn biaya transfer Rp.600.

Wah, ternyata benar: sebuah modus penipuan baru!! Ah, untunglah saya tidak tertipu. Eh, tunggu dulu… lho kok ada biayanya? Katanya gratis?! Huaa, 600 rupiah melayang!! Dasar! Masih bodoh juga kamu, nur! 😛

Kesimpulan:

Kesamaan modus:
1. Berdalih dengan adanya pesan suara atau SMS suara.
2. Nominal pulsa yang akan ditransfer disamarkan dalam bentuk angka yang ganjil, sehingga sasaran tidak sadar bahwa angka-angka itu sebenarnya adalah nominal pulsa.
3. SMS dikirim dari nomor IM3.

Kelebihan cara penipuan ini dibanding cara yang lama:
1. (Sepertinya) tidak ada batas minimal untuk pulsa sebelum mentransfer. Seingat saya, kalau tidak salah, saldo minimal untuk melakukan transfer adalah Rp10.000. Tapi kemarin, dengan saldo Rp6000an, saya masih diperbolehkan transfer pulsa.
2. (Sepertinya) tidak ada batasan minimal untuk pulsa setelah ditransfer. Pada kasus pertama, SMS kedua saya ditolak karena sisa pulsa saya jika transfer itu terjadi akan berada dibawah Rp10.000, sehingga transaksi tersebut secara otomatis ditolak oleh indosat.

Semoga bisa menjadi pelajaran. ^-^v

9 thoughts on “Penipuan Via SMS

  1. saya juga pernah hampir kena tipu seperti itu…
    untung nya pas pulsa saya lagi di bawah 10rb.
    baru sadar pas ada konfirmasi bahwa transfer tidak bisa dilakukan karena pulsa di bawah 10rb..

    heheheh…

    => Itu yang dulu, mas…kalo pake cara yang sekarang, pulsa berapapun bisa kena…

  2. masa kamu ga tahu kalau sms TP (spasi) nomor yang dituju (spasi) nominal pulsa, trus kirim ke: 151, itu adalah untuk TP = transfer pulsa?

    sejak kapan kau pakai nomor indosat? keterlaluan!! :mrgreen:

    => Sejak punya hp…hehehe. Tapi aku emang bukan konsumen yang baik, jarang up date info kecuali di-sms-in ma indosatnya 😀

  3. hem…lama ga kunjung ke blog ini..
    banyak yg berubah…
    sory2 kalo ga pernah kunjung2

    => Lah gpp. Saya juga lama banget ga blogwalking…maaf juga ga pernah maen ke tempat mas lagi…:(

  4. mirip sama sms yang diterima sama istri saya, untungnya istri saya bawaannya curiga mulu kalo dapet telpun ato sms dari nomer ndak dikenal, sempet nanya mbah gugel dulu, jadi sms itu cuma dibales, “kalo ndak punya duit buat beli pulsa hapenya dijuwal saja!”

    => Hehehe…biasanya kalo saya cuek mas… Tapi kalo lagi ada ide buat ngisengin balik, ya dilakuin aja… 😀

  5. hehehe, klo saya pertama liat sender nya dulu… 😀

    => Harusnya siy gitu mbak. Yang kali ni kan saya cuma pengin ngisengin balik. Tahun lalu yang beneran ketipu. Gara2 ga teliti. Waktu itu keburu mau ke Kwitang kalo ga salah (maksude keburu ngabur dari kantor, makanya jadi kualat :P)

    [ngeleeeesss terus kamu nur!]

  6. wihh.. klo aku biasanya ga peduli mo ada pesan suara, soalnya ngeceknya aja dah bayar siih.. *pelit amat deh, hehe* jadi biasanya langsung ku apus klo ada sms2 gituan mba nuur 😀

    paling nggak klo ada sms pesan suara, aku langsung telp ke nomernya ajah, atowa tunggu sampe dia nelp balik untuk ngomng langsung, ga perlu pake pesan suara segala… khekhekhe

    => Huaaa… Mari-chan… lama tak melihatmu… *peluk2 Marina*

    Wah, Mari-chan jauh lebih tegas daripada Nur, ya… ^-^

  7. ahhaa.. iy bnr tu males bgt d gw kalo ngcek pesan suara gitu,, haha,, mndingan gw sms aj de tuu orangnya.. wkakkwkaw.. tapi mah gw kalo ad yang nlp or sms gw ttg iming2 hadiah gt, gw pst lgsg gk pcya, kecuali kalo senderny bener2 dari pusat nya gw baru pcaya.. hehe.. tapi kalo kyk gt mah bukan salah indosat nya lagi, itu mah orang ny aj yg mengatasnamakan provider tertentu,, yahhh ati2 aja de.. hehe.. lam kenal yaa.. ^^

    => Sepertinya anda termasuk orang yang usil seperti saya. Hehehe….salam kenal juga ^-^v

Tinggalkan Balasan

