Bukan Resensi

Rapi.

Entah kenapa, kata tersebut terucap begitu saja ketika aku menutup lembar terakhir novel itu. Ya, novel itu lagi. Novel yang pernah kusinggung di tulisan ini. Hm…kenapa sih sok rahasia banget ga mau nyebut judulnya?! Baiklah, biar fair, aku ungkap saja. Novel itu ialah Perahu Kertas karya Dee Lestari. 🙂

Secara keseluruhan, novel ini sebenarnya bagus. Alurnya naik turun dengan teratur dan sangat dijaga. Konflik-konfliknya hadir dengan sangat pas. Namun justru di situ kurasakan kelemahannya: terlalu rapi. Jadi seperti membaca chicklit. Bukan berarti aku ga suka chicklit! Aku suka! Karena novel seperti ini akan sangat real mengangkat problema kehidupan manusia. Tapi karena aku penggemar mbak Dee, makanya aku agak heran kenapa novel ini begitu berbeda. Biasanya kalau baca novelnya mbak Dee, aku ga pernah bisa menebak ending ceritanya. Seperti kita dikasih mobil trus disuruh mengemudikannya melalui jalan yang sudah ditentukan tapi kita tidak pernah lewat sebelumnya. Ada perasaan deg-degan. Kita ga bisa mengira-ngira apa yang bakal kita temui. Yah, seperti itulah.

Dan aku memang suka cerita perjalanan seperti itu. Seperti film Road-nya Vivek Oberoy. Seperti Tiga Hari untuk Selamanya Nicholas Saputra.

Tapi untunglah, Perahu Kertas diciptakan oleh mbak Dee. Jadi biar bagaimanapun, novel ini tetap sarat makna dan petuah kehidupan. ^-^v

(Nur…nur…emang kamu bisa bikin novel kaya gitu? Bisanya menghujat saja! :p)

Iklan

2 thoughts on “Bukan Resensi

  1. mbak dee keren yaaa…
    tapi perceraian dia dan terus nikah lagi..
    bikin aq agak ilfill ma mbak dee..
    bener2 kisah hidup yang anehh..

    => Aku suka karya beliau, terlepas dari kehidupan pribadinya sebagai manusia biasa yg bisa goyah.
    Seperti aku suka chairil anwar meski dia suka maen perempuan. Karena yang kusuka adalah karyanya, bukan orangnya.
    Kalo orangnya mah, ga ada yang seperfect Rosulullah…
    ^-^

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s