Lidah Buaya dan Luka Bakar

Tadi pagi, entah karena baru bangun tidur atau memang pada dasarnya akunya yang ceroboh, tidak sengaja lenganku tersenggol setrika panas. Jadi sekitar pukul 4 pagi, aku bangun, langsung setrika. Ketika sedang menyetrika bagian lengan, aku merasa kabel setrika tersangkut ke tatakannya. Tanpa melihat ke setrika, aku melakukan gerak reflek memundurkan setrika itu untuk melepaskan kabel yang tersangkut. Rupanya tenagaku untuk memundurkan setrika itu terlalu besar, sehingga sempatlah itu pantat setrika mampir ke lenganku bagian dalam.

Kaget. Panas meneranyas gitu rasanya. Langsung kumatikan setrika, dan ambil HP (“oh, manusia jaman sekarang”, keluh pembaca). Hehehe, nggak kok, bukan up date status! 😀 Aku googling cara mengatasi luka bakar. Awalnya nyasar ke satu situs yang menyarankan untuk mengolesi luka bakar dengan odol. Tidak percaya, aku buka situs lain yang mengatakan bahwa luka bakar tidak boleh diberi odol/mentega. Seharusnya luka didinginkan dengan air, lalu dikasih pelembab. Jadilah kusiram lenganku dengan air, lalu kuolesi pelembab muka.

Setelah agak tenang, aku meneruskan setrika. Tapi kok rasanya masih ga enak ya. Masih terasa panas. Setelah menyelesaikan setrikaan, aku balik ke kasur. Tiba-tiba terpikirlah suatu ide:

panas–> pelembab–> bahan dasar pelembab–> ALOE VERA!

Aku buru-buru mengetik key word “lidah buaya, luka bakar”, dan muncullah situs ini di urutan teratas mesin google. “Lidah Buaya, Obat Luka Paling Mantap Sedunia”. Bergegas aku turun, ambil pisau, dan memotong satu batang daun lidah buaya di teras rumah. Setelah kucuci, aku ambil bagian tengahnya dan kuoleskan lendirnya ke luka bakarku yang mulai melepuh.

Adem bener…

Beneran enak! Langsung dingin gitu. Saking keenakan, begitu lapisan pertama kering, aku olesin lagi. Hasilnya ketika kering sempurna, luka bakarku seperti tertutup selapis plastik tipis. Wow!

Pukul 6, lukaku sudah ga sakit lagi. Sehabis mandi, luka melepuhnya malah sudah hilang. Yang tersisa sekarang adalah satu garis hitam di tempat terbakar tadi. ^-^v

Alhamdulillah. Aku cuma punya 2 tanaman di rumah kontrakan: lidah buaya dan pandan wangi. Namun kedua-duanya sangat bermanfaat. Ga sia-sia dulu bela-belain beli. Padahal dulu beli lidah buaya tujuannya untuk menyuburkan rambut dan kalo sudah besar mau dibikin es dawet. Hehehe. (pikirannya makanan mulu)

Baiklah, untuk membantu mengingat-ingat khasiat tanamanku, berikut aku copas sebagian khasiat lidah buaya dari situs www.iptek.net, yang kurasa lebih terpercaya daripada situs-situs ga jelas yang cuma ngejar SEO (sentimen pribadi :p)

Manfaat daun lidah buaya:

a. Penyubur rambut:

Daun lidah buaya segar secukupnya dibelah, diambil bagian dalam  yang rupanya seperti agar-agar, digosokkan ke kulit kepala sesudah mandi sore, kemudian dibungkus dengan kain, keesokan harinya rambut dicuci. Dipakai setiap hari selama 3 bulan untuk mencapai hasil yang memuaskan.

b. Luka terbakar dan tersiram air panas (yang ringan):

Daun dicuci bersih, ambil bagian dalamnya, tempelkan pada bagian tubuh yang terkena api/air panas.

c. Bisul:

Daun dilumatkan ditambah sedikit garam, tempelkan pada bisulnya.

d. Kencing manis (DM):

Satu batang lidah buaya dicuci bersih, dibuat durinya, dipotong-potong seperlunya direbus dengan 3 galas air sampai menjadi 1 1/2 gelas. Diminum sehari 3 x 1/2 gelas, sehabis makan.

e. Batuk rejan:

Daun sekitar 15 – 18 cm, direbus kemudian ditambah gula, minum.

PERHATIAN :

Ramuan lidah buaya dilarang diberikan kepada wanita hamil, gangguan pada sistem pencernaan, dan diare. (tapi kalo untuk luka luar dioles dikit kayane gapapa) 🙂

Iklan

6 thoughts on “Lidah Buaya dan Luka Bakar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s