Pengorbanan Seorang Ibu

“Eh copot eh copot copot
Apa mak yang copot copot
Giginya eh gigi mak copot
Pantes mak pipinya kempot”

Tiba-tiba teringat sekelumit lirik lagu “Mak Inem Tukang Latah” yang dinyanyikan oleh Adi Bing Slamet.

Ini gara-gara sedari pagi tulang-tulang kaki kiriku sakit sekali. Kaya kram rasanya. Bahkan tadi sempat hampir terjatuh saat menaiki tanjakan di depan Gedung Djuanda I.

Trus apa hubungannya dengan lagu tadi?!

Kalau ga salah, ibu hamil akan sering mengalami pegal-pegal karena kekurangan vitamin B12. Oleh karena itu disarankan untuk banyak mengkonsumsi kacang hijau. Seperti biasa, kalau mikirin sesuatu, aku jadi mikirin yang lain. Kekurangan vitamin B12 merembet pada kekurangan kalsium. Iya, ibu hamil juga sering kekurangan kalsium. Kebutuhan kalsium ibu hamil memang lebih banyak dari rata-rata. Oleh karena itu disarankan pula untuk banyak mengkonsumsi susu. Jika tidak terpenuhi, kalsium akan diambil dari tulang dan gigi sang ibu.

Jadi, menurutku (menurutku, karena tadi belum sempat searching mencari sumber yang terpercaya) osteoporosis pada wanita bukan hanya karena kurang asupan kasium ketika muda, tapi bisa juga karena kehamilan.

Dan tiba-tiba saja lagu Mak Inem tadi jadi terasa begitu kejam. Jangan pernah mengejek seorang wanita yang bungkuk karena osteoporosis atau yang peyot karena giginya ompong. Itu adalah bukti pengorbanan ibu pada anaknya tahu!

 

 

 

OK, back to work! :p

Iklan

6 thoughts on “Pengorbanan Seorang Ibu

  1. Kalau saranku sih, Mbak, banyak-banyakin makan tulang, gih. Daripada tulang Mbak jadi tulang lunak kek bencong (doh) 😀

    Keknya aku pernah denger kalau haid juga termasuk salah satu pengurang kalsium pada perempuan. Bener gak sik?

      • eh, udah dapet! Jadi ternyata bukan haid yang mengurangi kalsium, tapi justru karena wanita haid, dia memproduksi juga hormon estrogen yang melindungi tulang. Wanita yang sudah masuk masa menopause lah yang rentan osteoporosis karena udah ga memproduksi estrogen lagi. CMIIW

        btw, kopi bikin orang rentan osteoporosis lhoo…

      • Iya, udah tau tentang kopi itu. Jadilah orang-orang itu mencampurkan kopi dengan susu. Lantas muncul pula istilah: “Kopimu kini tak sehitam dulu.” (doh)

        Oh, jadi gitu ya? Justru karena haid, makanya melindungi tulang? Wah, bahaya nih bagi perempuan-perempuan zaman sekarang yang katanya fase menopause-nya cenderung terlalu dini.

  2. Iya Nur, pengorbanan ibu itu besar sekali demi anaknya.
    Istriku juga waktu hamil kemarin, terasa susah sekali menjaga kesehatan kandungannya.
    Tapi Allah menghendaki lain, kandungannya gugur sewaktu berumur 11 minggu, sekitar akhir 2010.
    Kini ia udah pengen sekali hamil lagi dan momong anak.

    • Innalillahi…turut berduka, bang. Semoga istri segera bisa hamil lagi…

      Aku dulu juga rentan banget. Kata dokter karena hormon progesteronku rendah sekali. Dari target 25 aku cuma 18. Akhirnya konsumsi obat penguat (tambahan hormon) sekitar 2 bulan pertama itu. Alhamdulillah, selamat sampai sekarang.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s