Tumis Kangkung Ibuku

Sudah ke warteg-warteg, tapi belum pernah ketemu. Sudah coba googling, tapi tak ada resep yang serupa. Maka yakinlah aku, ini adalah resep asli kreasi ibuk-ku. Ibu terhebat di dunia.

“Tumis Kangkung” (a la bu Kasiati)

Bahan:
kangkung segar, potong-potong, cuci bersih
santan kental sedikit saja (kira-kira 1 gelas)

Bumbu:
bawang merah, bawang putih, merica, gula, garam, tomat (haluskan)
daun bawang, iris
lengkuas, digeprek
kecap manis
minyak untuk menumis

Cara memasak:

  1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum, tambahkan lengkuas
  2. Masukkan santan, biarkan mendidih sebentar, tambahkan kecap manis
  3. Masukkan kangkung dan daun bawang. Tutup biar kangkung cepat matang
  4. Selesai

Tuh kan, mudah banget nget nget… Dan masakan ini benar-benar belum pernah kutemui di daerah lain. Jadi di rumah Malang, istilah tumis kangkung dan oseng kangkung itu berbeda. Tumis untuk kangkung masak kuah santan seperti di atas, dan oseng untuk kangkung tumis pake bawang dan cabe iris seperti yang sering ditemui di warteg-warteg. Rasa tumis kangkung a la ibuk?! Hmmm… sedap! Apalagi dimakan pas anget-anget pake lauk tempe Malang digoreng garing dan asin. Yummy…

NB: Maaf ga ada gambar (ketahuan udah lama ga masak). Maaf juga ga pake takaran. Kalo masak aku juga cuma ngira-ngira. Jadi semua bahan dan bumbu secukup dan sepantasnya saja ya.. ^-^v

Iklan

6 thoughts on “Tumis Kangkung Ibuku

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s