Kutukan Baking Powder

Tau kan, bahan pengembang kue yang satu itu?! Waktu awal-awal coba-coba bikin kue, aku frustasi ga bisa mbedain: baking powder, baking soda, atau soda kue?! Lama-lama sih *sok tau kalo baking powder ada produknya sendiri, soda kue juga ada produknya sendiri, sedang baking soda maksudnya campuran antara baking powder dengan soda kue dengan perbandingan 2:1 (semoga ga salah pemahaman, amiinnn)

Tapi oh tapi, walau pemahaman sudah bertambah, aku tidak pernah bisa lepas dari kutukan itu: kutukan baking powder. Jujur aku jauh lebih suka bikin 10 cake dengan pengembang emulsifier daripada 1 cake dengan pengembang bubuk-bubuk putih itu. Dari semua resep yang kucoba, aku ga pernah sukses sekali pun! SEMUA GAGAL TOTAL! Hiks hiks. Kenapa ini?! Apakah ada trik tersendiri dalam pengolahan resep berbahan si putih ini?! T-T

muffin keju blueberryMuffin Keju Blueberry

Ini hasil keusilan terakhirku kemarin. Memanfaatkan stok keju nindy yang hampir kadaluarsa (lagi?!), aku nekat membuatnya walau belum punya loyang muffin. Bentuknya cantik sih, si muffin merekah, harum butternya sukses menggoda, dan selai blueberry di dalamnya berleleran keluar seperti lava. Suami juga komentar kalo rasanya kaya yang di hotel. Tapi buatku ini masih kuraaaanggg… Wong muffin hotel itu kalo kataku terlalu keras. Enakan punya br*adtalk (ya iyalah). Gimana sih caranya bikin adonan kue berbahan baking powder jadi empuk?! *frustasi