Tahniah!

Hari Sabtu kemarin, saat itu aku baru bangun tidur siang. Begitu nongkrong di depan tv, aku langsung request ke mz nug yang sedang pegang remote: Oprah donk… Channel pun berpindah ke metro tv. Dasar pelupa, tentu saja Oprah belum tayang wong jam baru menunjukkan pukul setengah satu. Metro tv sedang menayangkan sebuah liputan tentang komik lokal. Aku segera tertarik waktu lihat sekelebat gambar yang sangat aku kenal. 5 Menit Sebelum Tayang! Wah, 5MST dibahas di metro. Ada apakah gerangan?!

gambar dari makko

Setelah memelototi tayangan sampai habis, barulah aku paham. 5MST dapat penghargaan! Saking terharunya, aku sampai berkaca-kaca. Bagaimana tidak?! Komik Indonesia dapat penghargaan internasional! Aku sampe nerocos ke mz nug njelasin ini itu tentang komik ini. Tentang Makko. Tentang komik-komik Indonesia. Sayang sih, karena terlambat nonton, aku ga terlalu ngeh penghargaan apakah yang dimaksud. Intinya dapat penghargaan internasional aja, aku udah ikut bangga bukan main!

Karena masih penasaran, maka hari Senin pagi aku langsung browsing mencari kepastian berita dimaksud. Hasil pencarian mbah google di peringkat atas membawaku ke halaman berita kompas ini dan juga laman berita yang lain ini. Ternyata, 5MST meraih Silver Award dalam International Manga Awards. Uwwooooww!!! Tambah joget-joget koprol. Walau dapatnya silver, tetep aja keren kan?! Selamat buat Muhammad Fathanatul Haq dan Ockto Baringbing. Honto ni sugooooiii desu neee

Lanjut, aku pun meluncur ke Makko dan membaca habis kisah petualangan 2 orang pencipta 5MST ini selama diundang ke Jepang. Mupeeeng banget lihat rute perjalanannya. Ngubek-ngubek Kyoto, menjelajahi museum-museum anime terkenal, dan bertemu sensei-sensei para master komik. Hyaa… pingin ngikut! *ga-mungkin

Buat yang pingin membaca kisah lengkap komik 5MST, monggo berkunjung ke sini. Tapi daftar jadi anggota dulu biar bisa baca lengkap semua halamannya.

BTW, Matto, si ilustrator 5MST ternyata (kayane) ikhwan banget. Cakep dan kalem pula! Jadi diam-diam ngefans… Hihihi *berdoa-semoga-tulisan-ini-tidak-dibaca-suami :mrgreen: Dan ternyata, Ockto, sang penulis cerita 5MST, ngefans berat sama Urasawa Naoki dengan 20th Century Boys-nya. Hyaaa, pantesan waktu baca 5MST, aura Urasawa Naoki-nya dapet banget! :p

 

PS: judul tulisan ini pake kata “tahniah”, maksude bahkan negara tetangga pun ngasih selamat gitu *ga-penting

Iklan

2 thoughts on “Tahniah!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s