Bahasa Gaul yang Merubah Imej

Err… bukan lagi mau ngomongin kaum alay. ^-^v

Aku lagi tertarik ngomongin bahasa gaul alias bahasa slang Jepang. Sejujurnya ilmuku dalam bahasa Jepang sangat minim, jadi kalo kamu pingin penjelasan, ya maaf aku ga bisa njelasin. Tulisan ini benar-benar murni curhat (nasib ga punya temen diskusi) jadi silakan di-skip aja.

Kalo nonton dorama atau anime berbahasa asli, aku suka tertarik dengan gaya bicara para tokohnya. Kebanyakan yang diucapkan mereka adalah bahasa slang, jarang banget pake bahasa resmi. Ya iya lah, kita sendiri kan lebih enak ngobrol pake bahasa informal.

Kemarin setelah aku nonton kembali Long Vacation, aku baru sadar bahwa (kayane, semoga aku benar) bahasa slang/bahasa gaul mereka itu sama seperti kita, akan berubah sesuai perkembangan jaman. Ada istilah-istilah di LV yang jarang aku dengar di era sekarang. Pun banyak kata di era sekarang yang ga pernah aku dengar di dorama tahun 90-an. Jadi entahlah apakah di Jepang sendiri makin lama makin alay kaya kita atau gimana.

Yang menarik juga, adalah bahwa bahasa gaul untuk cewek berbeda dengan bahasa untuk cowok (kalo ini sih sudah tahu dari dulu). Makanya kadang ada cewek yang menyamar jadi cowok atau sebaliknya, ketahuan gara-gara keceplosan kata yang biasa dipakai oleh lawan jenis. Inilah yang akan sulit ditangkap kalo kita baca terjemahan. Dan aku suka banget dengan gaya bahasa para cowok yang agak-agak kasar itu. Hanya dari diksi saja, sudah kelihatan aroma maskulinnya (kaya apa juga aroma maskulin). Apalagi dari pengucapan. Akhiran “-na” itu di kupingku terdengar gagah sekali. 😳

Pertama kali tertarik merhatiin perbedaan bahasa ini adalah gara-gara logat si Chiaki-sama. Tau kan Chiaki-nya Nodame Cantabile itu kadang over pede terhadap kemampuannya dan menganggap dirinya lebih dan “memang harus lebih” daripada yang lain. Nah, ternyata Chiaki itu suka nyebut dirinya “Ore-sama”. Misal pas ngajakin Nodame pergi ke luar negeri, dia bilang kalo sampe Nodame menolak ajakan Ore-sama ini, dia ga bakalan maafin Nodame lagi. Kata “ore” biasa dipakai laki-laki untuk nyebut dirinya sendiri (kalo cewek atashi), tapi akhiran “sama” itu biasanya digunakan untuk memanggil orang yang sangat dihormati. Jadi saat Chiaki menyebut dirinya sendiri dengan akhiran “sama”, aku langsung mendelik: arogan banget sih ni orang! Tapi aku sukaaaa…. Hahahaha

Nah, kemarin aku akhirnya mendapat file Itazurana Kiss Love in Tokyo dari Kiki, langsung 5 episode (hamsahamnida chingu…). Ternyata seperti kebanyakan orang yang menolak Naoki versi ini dan bilang “ga pantes”, hingga selesai nonton episode 1 aku juga eneg dengan si adek manis. Yah bayangkan, laki-laki berkulit putih, berwajah mulus, dengan telinga bersemu merah, rambut yang halus, dan noda bintik di dekat hidung! Persis bayi ga sih?! Alih-alih melihat sebagai cowok, aku benar-benar melihatnya sebagai anak-anak! Bahkan aku lebih suka suara dan gaya bicara sang second lead, Kin-chan. Namun setelah jalan episode 2 dan 3, dimana Naoki mulai banyak omong dan ada adegan marah-marah, aku lama-lama jadi bilang… “wah, ni orang ‘laki’ juga!”. Hanya dari diksi, imej si adek bayi langsung berubah!

Jadi begitulah, bagaimana sebuah bahasa bisa merubah imej orang. Kok baru nyadar ya?! Padahal dari bahasa kan emang langsung ketahuan asal dan sifat. Seperti aku yang dicap kolokan sama atasan, dikatakan lebih kekanakan daripada teman seangkatan masuk kerja yang padahal berselisih 3 tahun lebih muda dariku. Hadeuh…

7 thoughts on “Bahasa Gaul yang Merubah Imej

  1. Keknya udah umum deh Ore-sama. Maksudnya bukan temuan si Chiaki doang. Si Domyouji di Hana Yori Dango misalnya.

    Namanya juga bahasa. Dulunya pan gak ada tuh bahasa jepang. Gak ada bahasa indonesia juga. Nanti-nanti, kalau misalnya manusia udah males ngomong, jangan-jangan bahasa lisan bakal punah juga. Bisa jadi.

Tinggalkan Balasan

