Pencegahan TORCH

Mengingat bahwa saat ini ada beberapa teman saya yang sedang hamil, maka saya mau share isi brosur dari RSIA Tambak ini. Lumayan banyak pengetahuan baru yang saya dapat. Itung-itung juga biar blog ini ada tulisan yang bermanfaat walaupun sedikit.

*lalu diteriakin Kasubbag, “Nur, slidenya udah selesai?!”

*ntar ah mas, lagi bete nih gara-gara dibetein temen :p

Pencegahan Toxoplasmosis

  1. Hindari makanan yang dimasak setengah matang (<80 derajat), misalnya: sate, steak setengah matang, dll; => padahal lagi ngidam banget makan sate, hiks
  2. Minumlah susu yang sudah dipasteurisasi;
  3. Telur harus dimasak sampai matang;
  4. Kupas kulit buah sebelum dimakan; => terutama buah durian *kalem
  5. Makanlah sayur yang sudah direbus;
  6. Cuci tangan sebelum makan;
  7. Pada saat hamil jangan bermain dengan kucing, kelinci, burung; => hadeuh, mesti nahan diri ga elus-elus kelinci di pameran flona nih…
  8. Bersihkan kotoran hewan peliharaan setiap hari, karena kista tidak menular sebelum 24 jam; => oh gitu?! *bersihin kotoran cicak
  9. Berilah kucing makanan frieskas; => buang aja kucingnya kalo ga pingin bokek :p
  10. Hindari lalat pada makanan.

Pencegahan Rubella

Lakukan vaksinasi MMR => heh?! is that the only solution??!

Pencegahan CMV (Cytomegalo Virus)

  1. Jagalah kebersihan;
  2. Cucilah tangan setelah kontak dengan: air liur, tissue, pampers; => wah, kalo saya ngganti pampers malem-malem pasti langsung tidur lagi je…
  3. Jangan minum bekas minuman anak kecil karena 70% anak kecil di bawah 3 tahun menderita Cytomegalo Virus. => hah? serius? waduh, piye iki?! kalo jalan ma nindy kan tempat minumnya satu aja (-___-)!

Pencegahan HSV (Herpes Simplex)

  1. Hindari air liur dan hubungan sexual dengan penderita herpes; => ndak boleh ciuman lho ya!
  2. Gunakan kondom sebagai pelindung;
  3. Hindari kontak dengan luka terbuka. => err, kalo pake jilbab dan baju tertutup gitu lumayan ngefek ga sih?! kan walau desek-desekan di tempat umum ga akan langsung tersentuh kulit

Sekian dan terima puk-puk…

Iklan

6 thoughts on “Pencegahan TORCH

  1. aq jg sempat pingin sate waktu hamil,so my husband mensiasatinya dgn memasak lg satenya di rumah sampai matang,diambilin tusuknya hingga tinggal dagingnya,tambahin kecap,masak diatas wajan…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s