“Orzon” Yang Jujur dan Baik Hati

Yang baca pasti ngira orzon itu nama orang?! Hehehehe…

Padahal yang aku maksud adalah minuman sari buah rasa jeruk alias sirup jeruk alias orange squash. Entah darimana asal kata orzon itu šŸ˜€ Kalo dulu merk yang umum beredar di kampung adalah ABC. Warnanya kuning manyala, rasanya kecut segar. Peredarannya hanya pas Ramadhan dan Lebaran (maklumlah, menengah ke bawah) sehingga sudah identik sekali dengan lebaran selain kue kering (ketupat dibuat 7 hari setelah lebaran, jadi walau identik momennya ga pas). Minuman ini favorit banget buat anak-anak dan selalu dinantikan kehadirannya. Walaupun orangtua sudah mewanti-wanti, “ojo kakean ngombe orzon“, tetep saja diminum sampe batuk dan hilang suara :mrgreen:

Saat ini sudah ada bermacam-macam merk orzon. Dan mungkin kedudukannya sudah mulai tergeser dengan sirup rasa cocopandan yang ngehits itu. Tapi orzon tetaplah orzon bagi anak-anak yang lahir tahun 80-90an. Legendanya ga akan hilang.

Nah, kemarin sore aku mendapatkan sebotol orzon. Denger-denger ini pembagian khusus dari istri big boss untuk pegawai golongan I dan III. Waaahh, dapet orzon! Aku sudah bahagia saja. Kangen sama minuman satu ini. Seperti biasa kalo dapet makanan, aku selalu baca petunjuk di kemasan. Logo MUI, ok. Ingredients, ok (sama aja ma minuman lain, tidak ada yang aneh). Hingga aku menemukan tulisan di bawah ingredients tersebut:

Mengandung gula dan pemanis buatan, disarankan tidak dikonsumsi oleh anak dibawah 5 (lima) tahun, ibu hamil, dan ibu menyusui.

Waahhh… apa-apaan ini?! Perasaan semua minuman kaya gitu pasti mengandung gula dan pemanis buatan. Tapi baru kali ini ada yang meneruskan peringatannya dengan saran yang sangat berguna: tidak untuk anak-anak, ibu hamil, dan ibu menyusui. Bahkan kan ada beberapa merk yang lempeng aja ga ngasih peringatan apa-apa. Ah, aku terharu… :’)

orzonMaaf gambarnya asal nyomot. Sejak tukeran hape ma misua, aku ga bisa up load foto-foto lagi di blog. :p

Terimakasih Freiss Orange Squash Indofood… Sungguh saya sangat menghargai kejujuran dan itikad baik anda. Lain kali tulisan peringatannya diperbesar ya… ^-^v

Iklan

2 thoughts on ““Orzon” Yang Jujur dan Baik Hati

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s