Cerita si Kembar: Gagal Puasa Ramadhan

Terhitung mulai tanggal (sok-sokan gaya orang kepegawaian *lalu-dipleroki-ana) 26 Juli 2013, si kembar mulai bolong puasa Ramadhan 😥

Seperti yang kubilang dulu, asline aku ga ngoyo untuk puasa di kehamilanku yang mulai masuk 8 bulan ini. Kombinasi ga ada suami + harus ngurus anak balita sendirian + hamil kembar + ngejar target kerjaan + naek krl yang sistemnya lagi kacau karena sedang dalam masa peralihan, memang membuat komplikasi tersendiri bagi bumil yang satu ini. Kecapekan sudah pasti. Apalagi nindy benar-benar sedang mengalami masa haus kasih sayang pasca ditinggal abinya, lanjut ditinggal mbah uti. Jadi bawaannya kemana-mana “ummi… ummi…” Kalo ummi lagi di rumah bener-bener ga laku deh itu mbak. Tidurnya juga jadi berantakan. Bobo siang lama, tidur malam jam setengah sepuluh, setengah empat pagi udah bangun ikutan sahur. Bobo lagi pas subuh atau pas aku berangkat, kemudian bangun pukul 8 atau 9. Jadi di kantor hectic, di rumah juga kacau. Itu belum kehitung bangun malam, baik karena nindy minta susu ataupun karena aku sendiri yang memang mulai beseran. Lha trus kapan bisa istirahatnya??! Jaman masih ada abi dulu sih enak. Kalo lagi kecapekan banget, aku tinggal ngacir pindah tidur ke kamar belakang. Nindy dikelonin mz nug. Kalo pegel-pegel juga ada mz nug buat mijitin. Sekarang?! Hiks! Biar kata kaki bengkak karena harus jalan kesana-kemari dalam rangka perjalanan naek krl, ya harus sabar mijitin sendiri sambil ngemong anak kecil yang ga bisa diem dan hampir tiap hari minta maen kuda-kudaan. Bagus!

Walaupun beratnya lagi minta ampun kaya gitu, asline ga terlalu ngaruh lho ke puasa. Apalagi aku orangnya rakus ya… Jadi alhamdulillah setelah dipake puasa 2 minggu pun berat badanku ga turun, malah naek sekilo! BB dedek dua-duanya juga naik. Jadi asline ga ada masalah. Ada tuh temenku yang lagi hamil 5 bulan, baru dipake puasa 3 apa 4 hari, BB-nya turun setengah kilo jadi dimarahin dokter dan dilarang puasa. Makanya agak sedih pas akhirnya diputuskan ga boleh puasa wong kondisi badan baik-baik saja. Eh, dari tadi nulis kendala tapi asline kenapa to nur?!

Jadi hari Jumat itu dari pas sahur aku sudah SMS ke mz nug kalo aku merasa kecapekan sangat. Ngilu badan udah agak ga normal. Harusnya aku mulai waspada dengan tanda-tanda itu karena di situs babycenter ditulis:

Contact your doctor if:

  • You feel dizzy, faint, weak or too tired. Rest for half an hour to see if you feel better. If there is no change, talk to your doctor.
  • You become nauseous or start vomiting.
  • There is a noticeable change in your baby’s movements. If you feel that your baby is not moving around or kicking much, it is very important to talk with your doctor.
  • You become very thirsty or your urine becomes dark-coloured and strong-smelling. This is a sign of dehydration.
  • You notice contraction-like pains. This could be a sign of premature labour and you should talk to your doctor straight away.
  • You are not putting on weight, or are losing weight.
  • You develop a headache or other pains, or a fever.
Nah, itu ada “too tired“. Cuma dasar pikun, aku lupa kalo kelelahan yang amat sangat itu sudah masuk kategori membahayakan untuk puasa. Yang kuinget cuma gerakan bayi ma pusing aja je *lemah-ingatan. Pas sikat gigi pun aku sudah mulai muntah, tapi kupikir itu gara-gara aku terlalu dalem menyikat saja. Berangkat seperti biasa, baru pas masuk waktu dhuha tiba-tiba aku mulai mual. Kupikir, ah, masuk angin aja inih. Eh, ternyata muntahnya ga berhenti (ada sekitar 3-4x muntah) sampe aku lemes banget dan jantung berdebar kencang. Dipake istirahat pun ga ngaruh. Dibatalin dan dimasukin air putih juga dibalikin. Karena takut kenapa-napa, aku segera pergi ke RS Omni dengan dianter kiki, takut pingsan di jalan (thanks ki!). Di sana perawatnya sampe khawatir karena tensi cuma 90/60 dan detak jantungku lebih dari 100/menit padahal dari tadi cuma duduk-duduk. Finalnya divonis dokter: maag akut dan ga boleh puasa. Hiks! Analisa sotoyku adalah bukan karena kecapekan, tapi karena keseringan stres. Yah, namapun single parent ye… Adaaa aja masalah karena masalah-masalah yang harusnya dipikirin suami macam rumah bocor dan “eh, itu kenapa gasnya udah diganti tapi kok kompornya ga bisa nyala” jadi masalah yang harus kuhadapi sendiri. Tapi walau sudah divonis ga boleh puasa, aku masih pingin bandel sih! Nanti di sepuluh hari terakhir (eh, puasa kali ini cuma 29 hari yak?!) mau kupakai puasa selang-seling ah… Semoga dikuatkan.

Oiya, resepku biar puasa tetep sehat bagi ibu hamil (walau gagal puasa penuh tapi tokh dedek tetep sehat dan BB tetep naik, jadi boleh donk aku sedikit sombong) adalah sebagai berikut:

  1. Buka puasa dengan air putih dan 3 butir kurma (awalnya karena terpaksa dan asline memang ga mungkin makan tajil selain itu karena pas magrib aku entah masih di kereta, lagi di angkot, atau malah lagi jalan di gang :p , tapi ternyata babycenter juga menganjurkan hal ini :D)
  2. Sahur didahului dengan buah. Jadi makan buah saat perut kosong, dilanjut minum 500ml air putih, lalu dijeda sholat tarawih, baru kemudian sahur pake nasi. Ini ngefek ke “tahan laper/kenyang lebih lama”.
  3. Minum minimal 2 liter air selama sahur dan berbuka. Targetku sih buka 1 liter, sahur 1 liter. Untung julukanku sejak jaman ngekos dulu memang “onta”, jadi kuat minum air berliter-liter itu walau di cuaca dingin sekalipun.
  4. Ga sholat tarawih di masjid! Hahaha, sesat banget memang. Tapi kalo aku dengar pengalaman temanku yang dilarang puasa, aku menyimpulkan dia kecapekan karena setelah sholat tarawih jadi males makan lagi. Beda dengan kasusku yang sepanjang waktu berbuka sampai jam 9 makan dikit-dikit tapi terus-terusan. Buka di jalan, makan cemilan begitu sampe rumah dan setelah sholat magrib, baru makan nasi jam setengah 8 atau jam 8 malam. Lagipula ritme tarawih di masjid buat ibu hamil besar kaya aku ga ada yang cocok. Kalo kecepeten ngos-ngosan. Kalo terlalu lambat kaki bengkak. Orang ga perlu berdiri lama aja udah bengkak kok! Yang paling pas ya ritme kalo ayah yang ngimamin. Tapi kan jauuh… Jadi aku memilih tarawih sendirian di waktu sahur.
  5. Berdoa kepada Allah agar dikuatkan dan dijaga kesehatan. Ini penting! Dan jangan lupa pula untuk ngajakin dedeknya bekerjasama biar sama-sama kuat.

Eh, asline ada faktor X juga sih, yaitu ramadhan kali ini sering mendung dan cuaca dingin (padahal bulan Juli lho!). Jadi ga terlalu gampang haus. Karena yang paling ditakutkan ibu hamil adalah dehidrasinya itu.

Kesimpulannya, asline ga ada halangan buat ibu hamil untuk puasa. Tapi memang harus bener-bener ndengerin apa kata tubuh. Kalo memang ga kuat jangan dipaksa (hari sabtunya aku baca-baca buku KMS nindy, ternyata muntah hebat di akhir kehamilan termasuk yang membahayakan dan memungkinkan kelahiran prematur, hiii) Tapi seperti kata ibuk, kalo memang kuat ya jangan ngeles dari kewajiban. Hehehe… ^-^v

Iklan

6 thoughts on “Cerita si Kembar: Gagal Puasa Ramadhan

  1. Semangat ya Nur …
    emang bagusnya pas buka puasa dikit2 tapi terusan, kalo langsung makan banyak rasanya kembuuung akut perut.
    Tapi kamu hebat deh , btw mudik gak Nur ?? Suami pulang kan lebaran …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s