Cerpelai dan Aneka Kisah

Judul : Cerpelai dan Aneka Kisah

Pengarang : Akutagawa Ryunosuke

Penerbit : Balai Pustaka 1996

Waktu jalan-jalan di Senen (pindahan dari Kwitang dulu) aku nemu buku ini di tumpukan buku-buku jadul (begitu jadulnya mengingat banyak sekali buku-buku jaman SD). Berhubung sejak Rashomon aku jadi jatuh hati pada Akutagawa, kubeli sajalah meski satu bukunya cuma berisi 3 cerpen.

Ngliat cover depan, gambarnya benar-benar khas buku-buku BP terbitan tahun 90-an. Ngingetin aku sama Kami Pun Berhak Hidup Layak. Baiklah, demikian hasil “intipan”-nya:


1. Cerpelai

Inilah kisah tentang asal-usul bermulanya kepercayaan orang Jepang bahwa rubah bisa bicara, atau yang lebih lagi: bisa berubah menjadi manusia. Nilai yang bisa diambil: hati-hatilah bicara, karena kamu tak akan pernah tahu apa yang bisa terjadi akibat perkataanmu.


2. Kutu

Bagaimana jadinya bila di sebuah kapal ada banyak sekali kutu? Bagaimanakah cara terbaik untuk menyikapinya? Pada intinya, kita sama sekali tidak perlu membesarkan hal-hal sepele.


3. Cacing Anggur

Seorang tuan tanah yang doyan sekali minum anggur divonis menderita penyakit yang disebabkan oleh cacing anggur. Pasca proses penyembuhan yang menyakitkan, dia pun tidak lagi suka minum anggur. Tapi, apa sebenarnya cacing anggur itu? Benarkah dia ada?

Dibandingkan Rashomon yang penuh sindiran terhadap masyarakat, 3 cerpen ini lebih ke nasehat hidup. Lumayan juga untuk menambah pengetahuan mengenai Akutagawa khususnya, dan sastra Jepang pada umumnya.

Iklan

One thought on “Cerpelai dan Aneka Kisah

  1. Salam Takjim
    3 nasihat yang kudapat dari buku ini semua penting tapi ada yang lebih penting yakni katakan jangan sembarang katakan, jika itu benar katakan benar dan berusahalah mengatakannya
    Salam Takjim Batavusqu

    => Sejujurnya agak susah saya nangkep inti cerita cerpen2 dari jepang (dan korea) :p

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s