Kumpul-kumpul, Hedon-Hedon, dan Menahan Diri

Judul macam apa ini? -__-!

Jumat minggu lalu, aku akhirnya berhasil bertemu dengan mbak-mbak dan temen-temen POC. POC merupakan nama kostan sewaktu kuliah di STAN dulu. Kita bertemu dalam rangka silaturahmi dan “pelepasanku” dari Jakarta. Memang dari 8 anggota POC generasi pertama ini (soale ada POC generasi 2), 6 diantaranya tinggal dan bekerja di Jakarta (dadah-dadah ke mbak Rima dan mbak Vyow). Kemarin yang berhasil kumpul adalah mbak Ephie, mbak Heni, mbak Ndunk, Amel, dan Nidya. Ketambahan satu mbak Idah, sohib mbak Heni dan mbak Ndunk yang sudah kami kenal baik pula.

Venue pertemuan adalah mall Grand Indonesia. Sengaja dipilih di sini soalnya letaknya agak di tengah antara aku dan amel yang berada di Senen, hingga mbak Ephie yang kerjanya di Kebayoran. Setelah tarik ulur, kita tetapkan untuk bertemu di Pancious. #hedon1 ┬áAku yang belum pernah ke tempat itu meng-iya-kan saja. Lalu shock ketika baca daftar menu. ­čść

Seneng deh ketemu mbak-mbak POC ini. Walau udah pada jadi emak-emak, pas kumpul begini ternyata kelakuannya ga berubah. Mbak Heni yang tetap paling modis, mbak Ndunk yang selalu paling alim, mbak Ephie dengan saran-sarannya yang yahud, sampe Amel dan Nidya yang bisa-bisanya masih juga bertengkar rebutan barang (kemarin rebutan jilbab dari mbak Ndunk). Ada kejadian konyol yang tak terlupa gara-gara kecerobohanku. Adegannya macam begini:

Setelah semua selesai makan, meja setengah dibersihkan, lalu Nidya ngeluarin kantong hadiah. Surprise! Aku beneran ga nyangka bakal dikasih kenang-kenangan. Huhuhu. Terharu… T-T Lalu mbak Ndunk sebagai perwakilan menyerahkannya ke aku.

Surprise! Kenang-kenangan dari POC. Makasih ya teman-teman... ^-^

Surprise! Kenang-kenangan dari POC. Makasih ya teman-teman… ^-^

Nur: Wah, makasih ya… Boleh dibuka ga ini?

Koor: Ow, boleh… buka aja nur…

Nur: (membuka kantong, hening sejenak) Eh, makasih ya… asline kemarin aku juga pingin beli modem bolt ini, tapi kata CS-nya sinyal bolt baru ada di jabodetabek… trus aku ga jadi beli deh, soale kan mau dibawa pulang kampung…

Hening.

Nur menyadari kesalahannya. (bego! bego! bego!)

Huaaaa…. Tawa meledak. Nidya sebagai bendahara mules. Aku juga ikutan ketawa mules. Aaarrghhh, nuuurr!! Ceroboh┬ábanget sih?!

Huhuhu… maaf ya teman-teman. Bukan ga bersyukur. Aku senang kok! Senaaang banget… Maaf ya kok ya aku ga mikir dulu kalo ngomong. Asal nyeplos aja ­čśŽ Maaf maaf maaf… *salim satu-satu

————————————————————————————————————————————-

Setelah hari Jumat itu berhedon ria, hari Selasa aku ikut temen-temen kantor┬ápergi┬áke pepper lunch di Plasa Indonesia┬á#hedon2. Biasanya aku jarang ikut acara makan-makan enak kaya gini. Tapi kali ini aku nekat ikut soale┬ábelum pernah ke pepper lunch (penasaran sejak mbak ephie ngeshare nama tempat ini di WA grup) dan penasaran dengan┬áPI. Setelah kemarin ke GI lalu ke PI? Yah, habisnya dari dulu emang jarang banget nge-mall, jadi ya dipuas-puasin ngelihat mall-mall gede di Jakarta sebelum hengkang dari sini lah…

Untung gelap, jadi bekas cacarnya ga terlalu kelihatan :P

Untung gelap, jadi bekas cacarnya ga terlalu kelihatan ­čśŤ

Aku pesan nasi kari ayam dengan keju mozarela. Rasanya? Hmm… menurutku rasa nasinya biasa aja, tapi ayamnya empuk dan enak banget. Apalagi disiram dengan saus madu yang ada di meja… hmmm, lezat!! Kurasa rahasianya terletak pada potongan tiap daging yang selalu menyertakan lemaknya.

Setelah berfoya-foya di tempat, masih juga nitip beli cup cake -__-! Biarpun begitu, ini merupakan pertamakalinya aku makan cup cake :P

Bonus: Pertama kali makan cup cake, rasanya ternyata biasa saja. Bikin sendiri aja yuk… ­čśŤ

————————————————————————————————————————————–

Setelah #hedon1 dan #hedon2 itu, hari Kamis anak-anak ngajakin nonton. Aku? Huaaa… udah ah! Ga ikutan.┬áMalu sama suami yang pas pulang terakhir lalu ga mau kuajakin ke bebek kaleyo dan malah mengajakku makan di kupat tahu magelang depan robbani. Ish, dirinya sendiri yang sering bilang “kita harus hemat” tapi malah orang lain yang lebih konsisten dalam implementasi. Maaf ya abi… *sungkem Selain itu jadwal nontonnya ga enak juga, kepentok sholat dhuhur. Lagipula aku sedang wajib disiplin pumping karena stok ASIP di freezer tinggal 11 botol! *oke, panik beneran!

Alhamdulillah ya, berhasil menahan diri. Dan hari ini kembali sukses ga ikut rombongan ke atrium. Hemat… hemat…

Diari Parenting: The Project

Iseng bikin proyek ah…

Dalam rangka persiapan resign, sudah pernah kusinggung di sini kalo aku mulai gemar belajar ilmu parenting. Beli buku, ikutan grup, follow fb ibu hebat… Tapi ternyata seleraku tidak berubah: lebih suka belajar berdasarkan pengalaman orang daripada ngikutin omongan mereka┬áyang dikatakan “ahli pendidikan”. Apalagi kalo orangnya “jualan” banget, baik ngejual buku maupun seminar. Yang kaya gini biasae aku pasif aja. Ngikutin tapi ga aktif. Beli buku iya (dengan catatan bukunya murah ­čśŤ ). Ikut seminar? Tunggu dulu! *ramodal

Makanya senang banget kalo nemu buku yang based on pengalaman pribadi penulisnya. Kaya buku “Ibu, Darimana Aku Berasal?” yang sempat kutulis di sini.

Kemarin pas abi di rumah, kesempatan donk buat jalan-jalan. Akhirnya setelah sekian lama, bisa mampir lagi ke Gramedia Matraman! *penting! Tujuan sebenarnya nyari buku pendidikan anak usia dini yang berbasis montessory. Tapi kok ya ga nemu. Daripada mubazir udah jauh-jauh ke sini, akhirnya iseng nyamber satu buku yang murah. Iya, murah. Cuma 39 ribu. Kertasnya buram sih. Tapi ini penerbit BIP lho… Penerbit yang sudah aku percaya untuk urusan buku anak-anak yang murah namun berkualitas.

Saranku lay out covernya perlu diperbaiki biar lebih "menjual" deh :P

Saranku lay out covernya perlu diperbaiki biar lebih “menjual” deh ­čśŤ

Dan ternyata pilihanku tidak salah.

Walau bukan buku terkenal, aku sukaaa banget dengan isi buku ini. Masing-masing bab dibagi menjadi 3 bagian: diari umum, diariku, dan diari bunda. Diari umum berisi teori parenting yang umum, yang sesuai ilmu psikologi. Diariku berisi pengalaman sang penulis dalam menjadi ibu bagi ketiga putrinya. Yang seru, kondisi penulis ternyata sama dengan kondisiku: anak keduanya kembar! Wah, seneng banget berasa ketemu temen senasib!┬áAdapun┬ádiari bunda adalah kolom kosong yang… KITA ISI SENDIRI! Hehehe, gini aja heboh. Tapi menurutku seru menuliskan pengalaman pribadi yang related dengan issue yang sedang dibahas.

Lalu berhubung aku males corat-coret pake bolpen, tetiba dapet ide, kenapa ga kutulis aja di blog secara lengkap?! Nantinya┬áproyek diari parenting ini akan berisi ceritaku sesuai bab-bab yang ada di buku itu. Jadi kalo blogger-blogger terkenal pada bikin 30 days writing challenges, proyek ini, proyek itu… Nah, sebagai emak-emak aku mau bikin proyek diari ini aja ah…

Tapi tapi…┬ákecepatan postingnya sesuai mood ya… ga ada batesan harus kelar dalam seminggu atau┬ásebulan… ^-^v

Lebaran dan Baju Baru

Dua hari kemarin, aku menghabiskan uang setengah juta lebih buat belanja BAJU!

Iya, harus di capslock, soalnya nur ini asline tipe orang yang ga bisa belanja baju lho.. Selain buta mode, aku juga suka keder ngeluarin uang lumayan banyak buat sehelai baju. Lha kan sehelai baju ga ada yang sepuluh ribuan (kecuali kalo mau ngelayap ke Senen). Makanya selama ini kebanyakan bajuku ya baju lungsuran.

Namun sejak menikah, trus punya anak, mau ga mau harus belanja baju to ya… Mosok suami ma anak-anak disuruh pakai baju lungsuran juga?! (walau si kembar akhirnya lebih banyak pake baju lungsuran nindy, hehehe)┬á

Asline shock sih ┬álihat berapa banyak uang yang habis. Tapi mau gimana lagi? Paduan balita dan 2 bayi kembar tentu saja butuh dana kan?! (ortunya pake baju yang sudah dua tahun ini setia menemani ke kantor saja, maaf ya abi… ­čśÇ )

Dan petualangan dua hari kemarin berbuah pada pemikiran:

Itu orang-orang yang nyinyir sama ibu-ibu yang sibuk belanja baju jelang lebaran pasti belum punya anak ya?! Kalo orang tua sih gapapa pake baju biasa. Tapi yo mosok tega sih ngebiarin anak-anaknya pake baju butut di depan banyak tamu?!

Lanjut ke:

Buat yang nyinyirin ibu-ibu yang sibuk bikin kue jelang lebaran, ngerasain ga sih, dengan semakin mudahnya jaman dan hilangnya kebiasaan bikin kue sendiri, lebaran semakin lama semakin hampa?! Karena effort (kerja keras) jelang lebaran, bahu membahu bekerjasama seluruh anggota keluarga itu lah yang membuat lebaran terasa istimewa. Kebersamaan itu lah yang membuat lebaran terasa spesial.

Ini hasil belanja sesi kedua. Jaketnya harga 70 ribuan. Celananya 4 juga 70 ribuan. Baju kaos 200rb/6. Semua hasil diskonan. :P

Ini hasil belanja sesi kedua. Jaketnya harga 70 ribuan. Celananya 70rb/4. Baju kaos 200rb/6. Semua hasil diskonan. ­čśŤ

Ya tahu sih, intinya harusnya persiapan rohaniah lebih dipentingkan daripada persiapan lahiriah. Tapi… tapi… kalo persiapan lahiriah bisa membawa hati untuk beranjak mempersiapkan diri juga, gapapa kan?! *pembelaan dari ibu-ibu yang sudah habis-habisan belanja lebaran

Jadi, buat ibu-ibu yang baca postingan ini, sudah pada belanja baju lebaran belum? Btw, Jakarta Great Sale sudah mulai dari tanggal 7 kemarin lho… :mrgreen:

Perdana Sakit Cacar

Di usia (menjelang) 29 tahun! Huhuhu…

Dari dulu memang aku belum pernah sakit cacar. Sakit paling berat yang pernah kuingat adalah gondongen (pembengkakan kelenjar di leher). Makanya begitu nazar menunjukkan gejala bentol-bentol berisi air, aku kira itu adalah reaksi alergi *toyor kepala kanan kiri Habisnya aku dulu kalo kebanyakan makan telur emang bentol-bentol kecil isi air gitu sih… Jadi kupikir nazar gatel-gatel gara-gara laksa yang kumakan (siangnya memang alergiku sempat kambuh) Lalu ga ada demam pula. Seingetku, cuma semalam dia agak rewel. Itupun kupikir gara-gara hidungnya buntu. Bahkan┬ásetelah lama kelamaan bintil-bintil itu berubah merah, lalu mengering, dan mengelupas satu-satu, aku masih ga ngeh kalo itu adalah cacar.

Sekitar seminggu setelah nazar sembuh, aku menemukan bintil kecil di punggungku. Waktu itu ga kupedulikan. Hari rabu (28/5) pagi, aku menemukan lagi dua bintil isi air di atas PD sebelah kiri. Iseng kutekan salah satunya dan pecah donk! *dodol kok emang Hari itu aku berangkat ke kantor seperti biasa. Sempat mengeluh migren┬á(kali kedua seminggu itu) makanya kuhajar lagi dengan kopi. Eh, kok sore pas pulang badan rasanya menggigil. Untung ga pingsan lagi di kereta ­čśŤ Sampe rumah karena khawatir, dengan menanggung demam yang mulai tinggi aku nekad mengayuh sepeda ke klinik terdekat (sepedaan malem-malem+jalan nanjak+kondisi demam itu ajib sekali lho sodara!) Waktu itu sudah mulai banyak bintil berair di badan, tapi kok ndilalah dokternya bilang “kalo cacar biasanya bergerombol bu” dan cuma ngasih salep alih-alih langsung nyuruh segera nenggak acyclovir *zzz…. masih dendam sama bu dokter *soale┬ákalo cepet ketahuan kan nashir bisa segera diungsikan

Hari kamis (29/5) libur. Seharian demam di angka 38 ke atas. Paracetamol ga mempan. Tapi sempat sih sore hari pas agak mendingan malah kupake bikin simple banana bread *ga bisa diem Akibatnya, malam demam tinggi lagi ­čśŽ

Hari jumat (30/5) kembali lagi ke klinik. Dapet dokter yang ga pro ASI. Langsung nyuruh berhentiin ASI buat anak-anak. Bahkan dipompa pun ga boleh. Katanya ada virusnya (yang setelah kubaca-baca di internet, sama sekali tidak terbukti. Virus cacar hanya menular melalui cairan lesi) Karena sebel sama dokternya, habis dari klinik nekad tetap beli kelapa ijo. Sesuatu yang akan kusesali sesudahnya karena lesinya jadi buanyaaakk banget yang keluar! Yo wes lah. Sudah terlanjur ini.

Cacar memenuhi muka. Sampe ke bibir, kelopak mata, dan dalam telinga juga.

Cacar memenuhi muka. Sampe ke bibir, kelopak mata, dan dalam telinga juga.

Hari sabtu (31/5) nashir positive tertular penyakitku T-T Mbak pon juga T-T sedang nazar bener-bener aman, tak terlihat gejala satu pun. Mbak tutik juga karena dulu sudah pernah kena cacar. Kuputuskan untuk tetap nyusuin nashir, berharap dia dapet acyclovir dalam ASI. Sedang untuk nazar aku pake ASIP *memandang stok yang semakin kritis 

Hari minggu (1/6) cacarku mulai memerah. Sedang nashir justru mulai demam.

Hari selasa (3/6) cacarku sudah mulai menghitam. Seharusnya sudah boleh masuk kerja. Tapi aku tunggu biar ada yang ngelupas untuk memastikan cacarku ini tidak akan menulari orang lain lagi. *sudah terbayang ratusan ribu potongan TC Nashir mulai aktif lagi. Cacarnya mulai memerah. Alhamdulillah bintilnya ga sebanyak nazar dulu (dan tentu saja tidak sebanyak aku)

Hari kamis (5/6) sudah duduk manis di kantor lagi.

PR besarnya tentu menghilangkan bekas cacar. Ga muluk-muluk, yang di wajah saja deh! Yang di badan (punggung penuh sepunggung!) saya ikhlaskan sama yang menciptakan…

Catatan:

  1. Ada small pox, ada chicken pox. Yang small pox lebih parah daripada chicken pox. Ciri small pox: lesinya muncul sampai di telapak tangan (kemarin aku yang ini, hohoho!)
  2. Acyclovir hanya efektif bekerja jika diminum dalam waktu 72 jam sejak kemunculan lesi pertama
  3. Kalo sudah minum acyclovir, ga usah minum air kelapa lagi karena akan memperparah lesi
  4. Tetap mandi dan jaga kebersihan kulit. Enakan mandi pake air anget dicampur daun sirih. Nasihat umum: jangan menggaruk lesi karena akan berbekas (yang ini aku belum membuktikan sih, soalnya cacarnya belum selesai dan alhamdulillah kemarin ga terlalu gatal) Biasanya dokter meresepkan bedak salicyl buat mengurangin gatal
  5. Acyclovir merembes lewat ASI.
  6. Virus cacar tidak menular lewat ASI. Jadi ibu tetap bisa nyusuin selama di aerola tidak ada lesi dan dapat memastikan si anak sama sekali tidak bersentuhan dengan lesi. Amannya ya dipompa. Tapi balik lagi, kalo masih mengkonsumsi acyclovir, sebaiknya pake ASIP saja dulu. Biasanya resepnya cuma untuk 3 hari kok!
  7. Cacar air tidak selalu diawali dengan demam. Pada pengalamanku, demam tinggi justru saat lesi-lesi bermunculan. Bayi/balita akan lebih kuat menghadapi ini daripada orang dewasa (makanya to, ini disebut penyakit anak-anak ­čśŤ ) Penyakit sampingan lainnya adalah batuk pilek ringan mirip orang flu
  8. Selama cacar wajib karantina. Silakan keluar kalo lesi sudah mengering dan mulai mengelupas, agar sampeyan tidak nularin teman-teman lain
  9. Kesimpulan pribadi: Kalo cacar ga perlu ke dokter. Acyclovyr harganya sekitar 7 ribu di apotek. Salepnya juga 5 ribu. Bedak salicyl bisa pake merk apa saja. Yang penting jaga kesehatan, banyak istirahat, banyak makan makanan bergizi. Karena cacar sejatinya adalah penyakit virus biasa. *nyesel kemarin buang-buang duit buat ke dokter sampe 2x ­čśą

The Secret

Pernah baca buku the secret?

Intinya adalah tentang kekuatan pikiran. Apa yang kita harapkan, jangan takut untuk memimpikannya. Karena suatu saat semesta akan mendukung mewujudkan impian-impian kita itu. (eh, bener ga sih gitu isinya? dulu baca cepet soale minjem doank sih)

Kemarin pas diklat alhamdulillah aku bisa dapet banyak souvenir. Hasil sekali menang games pribadi, sekali menang games kelompok, dan hadiah karena keluar sebagai ranking dua (ini diklat apa lomba sih? Banyak banget hadiahnya. Hahahaha) Nah, pas hadiah untuk kelompok itu, aku ngambil dompet yang bisa buat wadah hard disk external.

Nggaya. Padahal belum punya HD ­čśŤ

Ndilalah pas kemarin perpisahan, temen-teman seruangan ngasihnya HD. Ga dadakan juga sih, soale memang nanya aku dulu lagi butuh apa. Ya kujawab antara modem atau HD. Modem, biar tetep bisa eksis ngeblog walau nanti rumahnya di kampung. HD, buat bawa file-file yang ada di kompi kantor. Tentu saja bukan file kerjaan, tapi file film. Huehehehe. Sudah bilang sih, modem aja yang murah. Eh ternyata dikasihnya HD. Yo matur nuwun to ya…

buat nemenin si toshi

buat nemenin si toshi

Itulah. Beli wadahnya dulu, biar isinya datang sendiri. Habis ini mau bikin rumah yang ada garasinya ah, biar mobilnya datang sendiri juga… *amin ­čśÇ

——————————————————————————————————-

Oiya, nur menyelenggarakan┬ágive away persahabatan┬álhoÔÇŽ Buat yang mau ikutan, waktunya tinggal sekitar 1,5 jam lagi… Huehehehe…